Home » Finance » Aplikasi Investasi Emas

Aplikasi Investasi Emas

Bagi kamu yang ingin melakukan investasi emas online, berikut ada 10 rekomendasi aplikasi investasi emas terbaik secara online.

Aplikasi Investasi Emas

FestivalLembahBaliem.id – Banyaknya aplikasi investasi emas yang mulai bermunculan di Indonesia menjawab  tingginya minat masyarakat dalam berinvestasii instrumen logam mulia atau emas. Alasan banyak orang memilih berinvestasi emas karena kecenderungan harga emas yang selalu naik setiap tahun dan juga tahan terhadap gerusan inflasi.

Sekarang kegiatan investasi emas menjadi semakin mudah karena sudah bisa dilakukan secara digital atau online. Kita bisa membeli, menyimpan, dan menjual emas tersebut di berbagai platform aplikasi online yang tersedia. Aplikasi-aplikasi tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Pegadaian Digital

Pegadaian Digital

Aplikasi ini menjadi pelopor investasi emas online. Layanan investasi emas yang dipromosikan oleh Pegadaian dikenal dengan sebutan “menabung emas”. Pegadaian Digital bisa diunduh di smartphone melalui Google Playstore.

Sedangkan untuk pembukaan rekening di Pegadaian Digital tidak dikenakan biaya alias gratis. Penitipan emas juga tidak dikenakan biaya pada 1 tahun pertama. Pembelian saldo emas di Pegadaian Digital minimal sebesar Rp. 50.000.

2. Tokopedia Emas

Tokopedia Emas

Tokopedia yang merupakan sebuah marketplace yang populer di Indonesia juga menyediakanlayanan investasi emas. Layanan investasi emas ini bekerja sama dengan Pegadaian sehingga sistem penyimpanannya sama seperti berinvestasi emas di Pegadaian.

Investasi emas dilakukan melalui aplikasi Tokopedia secara langsung dengan minimal top up Rp. 5.000. Besaran top up tersebut akan dikonversikan menjadi berat emas sesuai dengan harga beli ketika melakukan transaksi.

Semua emas yang dibeli dan diinvestasikan konsumen disimpan di Pegadaian yang  dijamin oleh pihak Tokopedia.Melalui aplikasi tokopedia, jual beli emas menjadi sangat mudah. Investasi emas pada aplikasi ini cukup likuid dan dapat dicairkan kapanpun ketika membutuhkan dana.

3. Shopee

Shopee juga menyediakan layanan investassi emas batangan dan juga bekerja sama dengan Pegadaian untuk melakukan sistem penyimpanan emasnya.Berinvestasi emas di Shopee juga mudah dengan minimal top up yang cukup kecil. Jual beli emas disesuaikan dengan harga di Pegadaian saat melakukan transaksi.

4. Pluang

Pluang merupakan sebuah aplikasi untuk melakukan investasi emas secara online hingga investasi mata uang kripto atau cryptocurrency. Aplikasi ini berafiliasi dengan aplikasi lainnya seperti Gojek (GoInvestasi), Bukalapak (BukaEmas), dan DANA (Dana e-Mas).

5. Indogold

Indogold

Aplikasi selanjutnya untuk berinvestasi emas online adalah Indogold, yang merupakan perusahaan investasi yang beroperasi sejak tahun 1978. Pilihan menabung emas yang ditawarkan oleh Indogold hanya dengan modal Rp. 10.000 saja.

Emas yang diinvestasikan di Indogold dapat dicairkan ke dalam bentuk tunai (buyback) dan juga dapat dicetak dalam bentuk emas batangan yang diproduksi oleh Antam atau UBS. Pembayarannya bisa melalui dompet digital seperti OVO, DANA, Gopay, ShopeePay, Link Aja, hingga KlikBCA.

6. E-Mas

E-Mas

“Invest in Gold, Pay with Gold” adalah slogan dari aplikasi ini. Nominal terkecil untuk melakukan investasi emas di aplikasi E-Mas yaitu Rp. 10.000. Investor juga dapat melakukan transfer emas ke akun E-Mas lainnya dengan berat emas mulai dari 0,02 gram.

E-Mas juga memudahkan investor dalam memantau pergerakan harga emas setiap hari. Sehingga para investor bisa memiliki gambaran yang tepat kapan saatnya untuk membeli dan menjual emasnya.

7. BukaEmas

BukaEmas

BukaEmas merupakan sebuah layanan investasi emas yang dibuat oleh Bukalapak. Berinvestasi emas di BukaEmas dapat dilakukan mulai dari nominal paling rendah yaitu Rp. 100 atau sekitar 0.,0001 gram emas batangan.

Aplikasi ini bekerjasama dengan Indogold dan Antam untuk memastikan adanya back up fisik emas dari setiap investasi emas yang dilakukan di BukaEmas. Jual beli emas juga bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi ini. Emas yang dijual mulai dari berat 0,0001 gram, sesuai dengan harga emas yang berlaku saat transaksi.

8. Lakuemas

Lakuemas

Pada aplikasi Lakuemas, investasi emas dapat dilakukan dengan cukup sederhana. Fitur yang disediakan dalam aplikasi ini antara lain:

  • Membeli emas secara online.
  • Pilihan minimal pada pembelian emas Rp. 50.000 atau 0,1 gram.
  • Transfer emas antar pengguna Lakuemas.
  • Menjual emas online.
  • Mencetak fisik emas batangan.

9. Tamasia

Tamasia

Berinvetasi emas melalui aplikasi Tamasia dapat dilakukan mulai dari nominal Rp. 10.000. Semua emas yang diinvestasikan telah dibackup dengan emas fisik. Aplikasi ini juga menawarkan pilihan transfer emas antar pengguna Tamasia mulai dari 0,02 gram..

10. DANA eMAS

DANA eMAS

Aplikasi yang terakhir adalah DANA eMAS, sebuah layanan investasi emas dari dompet digital DANA. Kita bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram atau kurang dari Rp. 10.000. Untuk menggunakan fitur ini harus memperbarui akun DANA menjadi DANA premium terlebih dulu dengan syarat KTP dan foto diri.

DANA bekerjasama dengan Pluang yang berada di bawah PT. PG Berjangka dan sudah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Emas yang diinvestasikan di DANA disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (KBI).


Ikuti update berita dan artikel terbaru dari FestivalLembahBaliem.id dengan cara mengikuti Facebook FestivalLembahBaliem, Twitter @FestivalLembahBaliem, dan Instagram @FestivalLembahBaliem