Home » Internet » Pertama Kalinya, Teleskop James Webb Berhasil Membidik Obyek Kosmos

Pertama Kalinya, Teleskop James Webb Berhasil Membidik Obyek Kosmos

Teleskop Luar Angkasa James Webb akhirnya menyelesaikan fase kalibrasi cerminnya, sebagaimana dibuktikan oleh tampilan gambar galaksi yang tajam dan terfokus. Gambar ini menunjukkan konstelasi Awan …

Pertama Kalinya, Teleskop James Webb Berhasil Membidik Obyek Kosmos

Teleskop Luar Angkasa James Webb akhirnya menyelesaikan fase kalibrasi cerminnya, sebagaimana dibuktikan oleh tampilan gambar galaksi yang tajam dan terfokus.

Gambar ini menunjukkan konstelasi Awan Magellan Besar (LMC), sebuah galaksi di dekat Bima Sakti, berjarak 158.000 tahun cahaya. Jika mengorbit galaksi kita, itu akan menjadi galaksi satelit terbesar hingga saat ini. Namun, mungkin telah melewati atau perlahan bergabung dengan galaksi kita.

Akuisisi gambar yang berhasil berarti bahwa empat instrumen sains Webb berfungsi secara normal.

Webb, Wavefront Sensing and Control Scientist di Ball Aerospace Scott Acton berkata:

Diluncurkan ke luar angkasa pada Jumat, 29 April, langkah selanjutnya adalah pengoperasian instrumen ilmiah dan kalibrasi teleskop. Operasi alat adalah bagian dari alat pemetaan.

Misalnya, Anda dapat memfilter jenis cahaya tertentu, mengatur kamera ke pengaturan tertentu, atau menerapkan lensa tertentu agar berfungsi dengan baik dalam konfigurasi berbeda untuk karya ilmiah. Anda bisa membiarkannya berjalan.

Uji coba sains itu sendiri akan memakan waktu hampir dua bulan, tetapi jika semuanya berjalan sesuai rencana, teleskop Webb akan siap pada Juni tahun depan.

Untuk kegiatan kalibrasi, terdapat daftar pencapaian yang harus dicapai teleskop Webb sebelum dapat menyatakan operasinya.

“Teleskop ini ditujukan ke berbagai wilayah langit di mana jumlah total radiasi matahari yang mengenai observatorium berubah, memastikan stabilitas termal saat mengubah target,” jelas NASA.

“Selain itu, pengamatan pemeliharaan berkelanjutan selama dua hari akan memantau penyelarasan cermin dan melakukan koreksi jika perlu untuk menjaga agar cermin tetap pada posisi yang sesuai.”

Baca juga: Apple Bakal Kembali Hadapi Tuduhan Antimonopoli Uni Eropa karena Batasi Akses NFC


Ikuti update berita dan artikel terbaru dari FestivalLembahBaliem.id dengan cara mengikuti Facebook FestivalLembahBaliem, Twitter @FestivalLembahBaliem, dan Instagram @FestivalLembahBaliem