Wisata Sejarah Monumen Tugu Patung Kepala Suko Silo Sukarno Doga

Wisata Sejarah Monumen Tugu Patung Kepala Suko Silo Sukarno Doga

Salah seorang kepala suku besar yang mendiami wilayah Lembah Baliem dan selalu diingat jasanya karena berperang sebagai salah satu anggota Penentuan Pendapatan Rakyat (PEPERA) di Kabupaten Jayawijaya pada saat itu adalah Kepala Suku Silo Nalokvano Doga.

Saat ini, Kepala Suku Silo Nalokvano Doga lebih dikenal dengan sebutan Kepala Suku Silo Sukarno Doga. Sebutan ini bukan tanpa alasan, sebab penggunaan nama Sukarno (Presiden RI yang pertama), disandangnya karena Kepala Suku Silo Nalokvano Doga adalah orang pertama di Kabupaten Jayawijaya yang diundang bertemu dengan Presiden Pertama Republik Indonesia sekitar Tahun 1968 di Jakarta.

Untuk menuju ke lokasi Wisata Monumen Tugu Patung Kepala Suku Silokarno Doga, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi roda 2 ataupun roda 4. Jika kita menggunakan angkutan umum, dari Wamena Kota (Terminal Angkot Pasar Sinakma) dapat menggunaka angkutan trayek “KP” dengan biaya sebesar 60.000 – Rp. 80.000, dan berjalan kaki sejauh ± 5 km.

Masuk ke lokasi gratis, namun saja untuk mengabadikan gambar bersama patung tersebut, kita dapat membantu biaya pemeliharaan lokasi secara sukarela. Untuk mengunjungi lokasi ini sebaiknya dapat menghubungi pihak keluarga Bapak Aleks Doga melalui Nomor Hp. 081280948844.