Wisata Sejarah Mumi Araboda

Wisata Sejarah Mumi Araboda

Wisata sejarah mumi Aloka Hubi di kampung Bauntagima Araboda kira-kira berjarak sekitar i 20 km di Distrik Asologaima atau arah Barat Laut dari Ibu Kota Wamena. Murni Araboda memiliki nama asli Alouka Hubi berada di Kampung Bauntagima Desa Araboda.

Kondisi mumi Araboda tersebut diletakkan dalam bungkusan kawat wasa lalu ditempatkan dekat dengan perapian guna menjaga kekeringan kulitnya dari kelembapan udara serta serangan hama tikus. Sebagian tubuh bagian kaki dan telapak kaki telah rusak karena tidak dirawat dengan baik.

Lokasi wisata ini juga siap menampilkan atraksi tarian tradisional serta melihat acara masak-memasak secara tragiisional (bakar batu) atraksi lainnya berdasarkan permintaan pengunjung dengan membantu sedikit biaya bagi penampilan mereka.

Untuk menuju lokasi wisata sejarah mumi Aradoba, kita dapat menggunakan kendaraan pribadi roda 2 ataupun roda 4, atau Angkutan Umum Trayek “KP” dari terminal Pasar SSinakma jurusan Wamena Kimbim dengan biaya sebesar Rp 20.000. kemudian berjalan kaki dari jalan utama trans Kimbim-Pyramid menuju ke lokasi objek wisata sekitar 1500 m.

Masuk ke Iokasi gratis, namun saja untuk mengabadikan gambar bersama Mumi tersebut, kita harus membayar biaya sebesar Rp 50.000 (lima puluh ribu rupiah) per orang. Jika kita menginginkan mengabadikan gambar dan tari-tarian dalam satu paket wisata (Mumi Araboda, Tari-Tarian) ada biaya tambahan sekitar Rp 1 .000.000, jika kita menginginkan paket komplit (Mumi Araboda, Tari-tarian, dan Atraksi memasak dengan cara tradisional “Bakar Batu”) dikenakan biaya sekitar Rp 3.000.000 Rp 5.000.000,